LOVES HISTORY

Sesungguhnya manusia tidak sama sekali bersalah, karena ia tidak memulai sejarah. Tapi juga tidak sama sekali tanpa salah, karena ia meneruskan sejarah Kemarin adalah sejarah. Besok adalah mistery. Hari ini adalah pemberian......




Betapa seseorang atau sesuatu itu terasa sangat berharga & bermakna setelah kita kehilangan… Memang tak pernah bisa dipungkiri, masa kini seseorang tersusun karena bongkahan-bokahan masa lalu yang direkatkan oleh kenangan, luka, bahagia, tawa, canda, tangis, senyum, dan segala macem emosi lainya..... Dan masa depan bisa kita rancang dengan belajar dari masa kini dan masa lalu. Kenapa ......!


By. Riyadi, S.Pd

SISTEMATIKA LAPORAN STUDY KARYAWISATA

 
Sistematika Penulisan Laporan Study Karyawisata
Bab I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
2.      Tujuan Obyek Kunjungan
3.      Alasan Pemilihan Judul
4.      Metode Penulisan
Bab II OBJEK YANG DIKUNJUNGI
1.      Museum Sultan Balaputra Dewa
2.      Bukit Siguntang
3.      Museum Sriwijaya
4.      Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
5.      Monpera
6.      Graha Teknologi
Bab III DOKUMENTASI
Foto-foto lokasi Situs Peninggalan Kerajaan sriwijaya
Bab IV PENUTUP
1.      Kesimpulan
2.      Saran
Bab V DAFTAR PUSAKA
1.      Google Map
2.      Contoh-contoh laporan obyek wisata

Bab VI LAMPIRAN
1.      Foto-foto obyek wisata



CONTOH

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang


Karya Wisata adalah kegiatan wisata yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah dan menumpuk pengetahuan siswa. Setelah karya wisata, siswa diwajibkan untuk membuat karya tulis. Karya tulis adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dilaksanakan.
Laporan karya tulis ini merupakan tugas bagi semua angkatan kelas IX SMP Sanudin Pangkalan Balai .  Dalam penyusunan karya tulis ini, siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalamannya yang diperoleh selama menjalankan Study Karyawisata  selama 1 hari  Selasa , tanggal 14 Februari 2012
Pengalaman dan pengetahuan selama mengikuti study karyawisata  di Graha Teknologi serta Situs Peninggalan Kerajan Sriwiajaya diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam laporan karya tulis ini membahas tentang beberapa  Situs Peninggalan Kerajaan Sriwijaya  


B.     Tujuan

Tujuan yang hendak kami capai dalam penulisan karya tulis ini adalah:
1.      Untuk menambah pengetahuan siswa.
2.      Untuk menambah pengalaman.
3.      Untuk mengembangkan potensi,etika,estetika, dan pratika.
4.      Untuk memupuk rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.
5.      Dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah didapat sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Bermanfaat bagi pembaca dalam menambah pengetahuan mengenai seputar objek wisata.

C.     Alasan Pemilihan Judul

Judul dalam karya tulis ini dipilih sesuai dengan kunjungan  telah dilaksanakan yaitu di Situs Peninggalan Kerajaan sriwijaya  dan sekitarnya.
Sedangkan alasan memilih  kawasan  tersebut adalah dengan beberapa alasan sebagai berikut:
1.      Palembang sebagai tempat peinggalan kerajaan sriwijaya  
2.      Paalembang merupakan tempat  tujuan pariwisata.
3.      Kerajaan sriwiajaya  adalah merupakan kerajaan yang  terkenal dan terbesar  di Asia Tenggara sebagai kerajaan Maritm
D.    Metode
Metode yang digunakan dalam pengerjaan karya tulis ini adalah:
·         Metode Observasi
Yaitu dengan melihat langsung objek yang dikunjungi atau diteliti.
·         Metode Literatur
Yaitu dengan menggunakan brosur,buku, dan juga media internet
BAB II
SITUS SEJARAH  YANG DIKUNJUNGI

1.    Perjalanan menuju SITUS Museum Monpera
  • ·    Bangunan ini terletak di pusat kota tepatnya di depan Masjid Agung. Lokasi tersebut dulunya basis pertempuran Lima Hari Lima Malam. Peletakan Batu Pertamanya dan pemancangan tiang bangunan pada tanggal 17 Agustus 1975 dan diresmikan pada tanggal 23 Februari 1988 oleh Menko Kesra Alamsyah Ratu Perwira Negara.
  • ·    Monumen ini dibangun unntuk mengenang perjuangan rakyat Sumatera Selatan ketika melawan kaum penjajah pada masa revolusi fisik yang dikenal dengan Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang yang pecah pada tanggal 1 Januari 1947 yang melibatkan seluruh rakyat Palembang melawan Belanda.
  • ·    Didalam Museum ini kita dapat melihat berbagai jenis senjata yang dipergunakan dalam pertempuran tersebut termasuk berbagai dokumen perang dan benda-benda bersejarah lainnya.
.DAN SETERUSNYA.....


BAB III
DOKUMENTASI
Dokumentasi ataupun foto-foto dari beberapa obyek  SITUS PENINGGALAN KERAJAAN SRIWIJAYA ketika melakukan study karyawisata dan juga bisa  diambil dari Internet.
BAB IV
PENUTUP
1.      Kesimpulan
Dengan adanya pembuatan karya tulis ini kami dapat memperoleh manfaat yang akan kami jadikan pelatihan di perguruan tinggi nantinya. Sehingga dalam pembuatan karya tulis merupakan pelatihan bagi kami semua. Serta dalam pembuatan karya tulis ini membuat kami lebih terampil dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas yangtaelah kami terima.
Dan dari beberapa objek yang telah kami kunjungi maka dapat kami simpulkan bahwa objek-objek itu mempunyai potensi dan manfaat dalam berpatisipasi pada pembangunan bangsa dewasa ini pada masa yang akan mendatang, khususnya di bidang pariwisata, pendidikan, dan kebudayaan.
Masing-masing objek yang kami kunjungi mempunyai ciri khas masing-masing. Sehingga tiap-tiap objek mempunyai manfaat dan daya guna yang lebih luas.
2.      Saran-saran
Buat teman-teman maupun adik – adik kelas diharapkan dapat melakukan kunjungan / study karyawisata dengan baik pada waktu yang akan datang, maka saran-saran yang kami berikan dan kami tujukan kepada dua belah pihak, yaitu pihak pengelola  situs peninggalan kerajaan sriwijaya dan  pihak penyalenggara karya wisata (SMP maupun SMA sanudin
Untuk pihak pengelola di setiap objek wisata masih terdapat beberapa keadaan dan prasarana yang diperlakukan sebagai penunjang objek-objek tersebbut antara lain:
a.   Adanya buku-buku petunjuk dari objek itu sendiri yang memuat keterangan tentang objek tersebut, sejarah didirikannya, aturan-aturan yang harus dipatuhi dll.
b.   Prasarana dan fasilitas di kawasan objek wisata di tingkatkan dan ditempatkan di tempat yang strategis untuk keadaan yang mendesak.

Untuk  SMP / SMA Sanudin Pangkalan Balai  selaku penyelenggara karya wisata, maka perlu kiranya untuk:
a.       Menambah waktu kunjungan di setiap objek wisata, sehingga siswa mendapatkan data-data yang lengkap. Dengan penambahan waktu diharapkan dapat menggali dan mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang objek wisata tersebut.
b.      Rencana dipersiapkan dengan matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian Laporan study karyawisata  ini yang kami buat, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

BAB V  DAFTAR PUSTAKA

        i.            Google Map
      ii.            Yuuk, Bermain Sambil Belajar di PP IPTEK-TMII oleh Silvi Anhar
    iii.            Dunia Fantasi
    iv.            Gelanggang Samudra Ancol
Bab VI

  Foto-foto  Kunjungan Study Karyawisata

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar